Kamis, 26 Juli 2012

Jalur Masuk Univ Prancis

Hemmm kali ini gue mau share tentang jalur masuk universitas Perancis (S1) untuk mahasiswa asing .

1. "dossier blanc" (DB). 
Dossier blanc di gunakan untuk masuk universitas publik di tahun pertama atau dalam bahasa prancisnya Licence 1 di universite  . DB biasanya di buka pada bulan Desember san berakhir di bulan Januari .
persyaratan untuk DB biasanya lebih mudah dan simple dari jalur masuk yang lainnya , tapi standart tingkat bahasanya lebih tinggi dari yang lainya ( biasanya harus DELF B2 atau TCF harus minimal score 450) untuk beberapa universitas ternama seperti Sorbonne-Paris atau Universite de Toulouse .
di DB kita hanya punya kesempatan untuk memilih 3 universitas dengan 1jurusan yang sama .
sistem penerimaannya, mirip seperti sistem SNMPTN, yaitu sistem oper per universitas .
misalnya, Univ pilihan 1 menolak kalian, data kalia akan di oper ke univ 2 , jika univ 2 juga menolak, akan di oper ke pilihan ke 3 . Dan biaya pengiriman berkas akan di tanggung seluruhnya oleh pihak Campus France . Jadi untuk ikut pendaftaran ini kita tidak dikenakan biaya apapun . Hanya biaya pembelian prangko prancis untuk tiap universitas . Karna hasil penerimaan akan dikirimkan langsung ke rumah kita.




2. "Admission Post Bac" (APB)
APB biasanya di mulai pada bulan Januari sampai bulan Maret setiap tahunnya . Jangka waktunya agak sedikit panjang karna persyaratan berkasanya lebih banyak dari DB .
di APB kita di minta menyertakan surat rekomendasi dari guru dan kepala sekolah, itu semua akan ada dalam formulir yang mereka berikan di tiap univ. Tapi sebelum nya kita harus daftar online terlebih dahulu di www.admission-postbac.fr
di formulir APB kita bisa memilih 36 universitas yang berbeda dengan jurusan yang berbeda juga di seluruh Perancis namun maxima 12 univ dengan jurusan yang sama .
Dan biaya pengiriman berkas ditanggung sendiri sama pihak pendaftr. alias semua berkas kita kirim sendiri via post, DHL, fedex dll .
Untuk standart niveau bahasanya, postbac cenderung lebih rendah dibanding DB . untuk jurusan seni atau art, tingakat A2 udah bisa masuk, dan untuk ekonomi atau sosial, dengan sertifikat B1 kita udah bisa masuk postbac.

Oh ya , admission postbac biasanya untuk BTS (Brevet de Technicien Supérieur) atau  DUT (Diplôme universitaire de technologie) , IUT (instituts universitaires de technologie) atau juga Les MAN AA (Mise A Niveau Arts Appliqués) untuk yang pengen ambil jurusan art.
Jadi BTS dan IUT itu kuliah nya 2 tahun , mirip kaya D3 di indonesia . kuliah nya lebih banyak praktek dari pada teori . jurusan ini lebih mempermudah kita untuk mencari pekerjaan , karena di setiap tahun kita bakal stage (magang) di perusahaan-perusahaan Perancis .

- Lalu gimana kalo kita pengen dapet gelar sarjana S1 tapi melalui jalur postbac ? 

Jangan khawatir dan jangan sedih, selesai tahun ke 2 di Postbac kita bisa lanjut ke L3 (licence 3) atau tahun ke 3 di université  atau kita bisa masuk grandes écolle .
Jadi kita ga akan cuma berhenti di tahun ke2 aja .

3. Admission Post Bac Procédure Complémentaire 
jalur ini sama hal yang dengan jalur APB yang sebelumnya, bedanya jalur ini hanyak untuk para peserta APB yang sampai tanggal pengumuman akhir belum mendapatkan bangku universitas . Biasanya dibuka di akhir bulan Juni sampai september sebelum daftar ulang tiap universitas .
Dan prosedur ini bisa di ikuti kalo kita sudah stay di Prancis . Karena beberapa univ akan melakukan tes seleksi untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa tambahan .
Tapi tidak menutup kemungkinan juga bagi kalian yang masih di Indonesia tapi sudah yakin akan ke Prancis . Karena beberapa univ ada juga yang tidak melakukan tes, hanya wawancara via telfon atau bahkan sama sekali tidak ada tes .
Pengalaman banyak temen aku yang sampai tanggal batas pengumuman akhir belum dapet univ, dan mereka ikut procédure ini, mereka berhasil dan keterima kok . Jadi jangan takut untuk ga kebagian bangku universitas di Prancis .

So, bagi kalian yang masih ragu dan bingung . Perancis adalah solusi utama buat kalian yang pengen kuliah di luar negri dengan dana lokal :)
Selamat menyari tahu info prancis lebih lanjut

Salam Manis dari Paris


1 komentar: