Sabtu, 11 Januari 2014

Apply Visa UK dari Prancis

Hai semua, 
kali ini aku mau share informasi yang sedikit agak menyimpang dari sistem pendidikan prancis :D tapi masih ada hubungannya dengan student dan Prancis kok :) 

Well, biasanya kita yang udah berkesempatan buat kuliah di eropa ga akan melewatkan yang namanya tradisi "keliling eropa" !!!! yah walaupun ga bener bener keliling, at leas kita bakal targetin mengunjungi beberapa kota yang kita anggap worth it buat di datengin. 
Salah satu kota impian banyak orang dan banyak student di Prancis adalah London atau kota kota di UK lainnya. Selain mereka punya club club bola yang terkenal seantero dunia, mereka juga kota yang bersih nan cantik. Tapi sayang, banyak student yang mengurungkan niat nya untuk melancong ke UK karena terkendala VISA ! yah dari Prancis ke UK walau terkesan deket dan gampang, tapi apply visa nya itu loh .... bikin malesin dan katanya ribet ! 
Tapi jangan khawatir, kali ini aku bakal share gimana step by step untuk apply Visa UK yang sebenernya ga ribet ribet banget.
Selamat membaca :) 



1. pertama tama, kalian harus yakin kalo budget kalian cukup untuk ke UK dan menyiapkan dana 100€ untuk apply online .

2. Daftar online Visa di web ini : https://www.visa4uk.fco.gov.uk/  ikuti semua petunjuk yang ada dan jangan sampai ada yang kelewatan. Teliti lagi sebelum valider. 
Tips : Pilih lah type Visiting the UK. dan di beberapa pertanyaan adakah teman atau kerabat yang kita kenal di UK, kita pastikan pilih option TIDAK ! JANGAN katakan kalian punya kenalan di UK, kadang itu malah bisa menghambat kalian. kecuali kalau kerabat kalian adalah orang penting di UK, seperti duta besar, sekjen dll, itu anda sebaiknya mention nama dan jabatan mereka. selebihnya bilang tidak mengenal siapa siapa, kalian pure hanya ingin liburan. Karena pihak UK takut jika anda akan menetap lama di sana. 

3. Setelah mengisi semua data online, untuk men valid kan pendaftaran kalian, kalian harus membayar 100€ dana administrasi yang di bayarkan secara online . 

4. Setelah melakukan pembayaran segera cek email anda dan ikuti petunjuk selanjutnya. Step selanjutnya adalah menentukan jadwal RDV. Kalian bisa memilih di hari dan jam sesuai kemauan kalian. 
Tips : Jangan mengambil jadwal yang terlalu pagi, karena itu beresiko terlambat. pagi pagi biasanya ada aja yang membuat terlambat, entah kesiangan atau padatnya metro, bus dll. Belum lagi kita harus menyari lokasi dengan berjalan kaki yang cukup merepotkan kalau tidak ada GPS. RDV di lakukan di Paris. dan ini harus anda sendiri yang melakukannya, karna akan ada sesi foto foto dan cap jari gitu :D 

5. Siapkan semua document yang di minta ! sambil menunggu jadwal RDV kalian bisa menyiapkan semua data yang di minta. PASTIKAN SEMUA DOCUMENT LENGKAP ! kelebihan boleh, tapi kekurangan jangan. banyak yang menyepelekan beberapa document yang mereka kita tidak terlalu penting, tapi pada nyatanya visa nya di tolak dan 100 € pun melayang -___- 

Document yang di perlukan untuk visa type visiting UK bagi student yang masih singel antara lain : 
1. print data ketika anda daftar online (biodata pribadi dll) (completed visa application form)
2. Pasport, carte de sejour atau OFFI yang masih valid
3. 1 pas photo ukuran eropa, 3,5 x 4,5  TERBARU (di suruhnya sih cuma satu, tapi persiapan saja bawa lebih). Kalau kalian yang hobi gonta ganti cat rambut atau potong rambut, di sarankan foto nya foto terbaru kalian. Beberapa temen yang pake foto lama dengan model rambut yg lama di suruh foto lagi. ada sih tempat foto di sana tapi harganya lebih mahal dari pada photomaton :p 
4. Akte kelahiran (asli dan translate). Memang sih tidak di haruskan, tapi sebaiknya yang ini juga di lampirkan) 
5. Certificate scolarité ! Yah yang ini juga cukup penting. jangan abaikan yang bagian ini. Banyak temen yang tidak melampirkan certificate scolarité dan carte étudiant dan visa nya ke tolak -_-
Kenapa ini penting ? karena lagi lagi pemerintah UK takut kalo kita bakal lama tinggal dan sana atau bahkan kuliah atau summer school di sana tanpa type visa yang benar. 
Tips : sertakan juga carte étudiant kalian
6. A planned itinerary. Nah yang ini juga banyak yang mengira ga penting. tapi sebaiknya kalian bikin rencana perjalanan kalian selama di sana . 
Tips : Bikin aja rencana perjalana di 1 kota saja. Ex : di london. walaupun pada kenyataan nya kalian ke liverpool atau kota lainnya, tapi yang kalian jelaskan hanya perjalanan di London nya saja . Dari Day 1, Day 2, dst. 
7. Booking atau tickets transport.
 Nah untuk yang ini memang sedikit membingungkan dan cukup memberikan tantangan bagi kalian . Karena kadang kita tidak tau kapan visa kita keluar, takut kalau kalau belum keluar dan tiket sudah terbeli dengan harga cukup mahal, karena rata-rata kita ga bisa booking kreta atau pesawat di eropa. Jangan takut, aku ada solusinya :)) 
Tips: Kalian bisa bikin booking ticket di travel agent di Indonesia. Kalian bisa gunakan jasa MDL Travel. Ini adalah salah satu travel agent yang sering di gunakan siswa campus france. 
Kalian cukup email maksud dan tujuan kalian ke sini : ticketing2@mdltravel.com sertakan juga scan pasport kalian. 1 orang di kenakan biaya RP 25.000 untuk reservasi tiket. Ini harga yang cukup terjangkau di banding harus beli tiket transport duluan. Proses reservasi tidak memakan waktu lama, asal kalian sudah transfer uangnya mereka akan langsung proses dan mengirimkan bukti reservasi ke email kalian . rebes kan :))))
8. Booking hotel/hostel. 
Sama seperti halnya reservasi tiket yang bisa membuat kita deg-degan, solusinya kita bisa melakukan proses booking hostel di http://www.booking.com atau http://www.hostelworld.com atau http://www.hostelbookers.com kalian biasanya hanya perlu DP 10% dari total biaya
Tips : pastikan kalian memilih hostel yang free cancellation. dan untuk sementara pilihlah kamar dengan harga yang murah biar DP nya juga murah :D 
Sedikit saran, kalian bisa pilih hostel "Arsenal Trevern Hostel" untuk wilayah London. Selain lokasinya yang masih di zona 2, deket tube dan stadiun arsenal, mereka juga memberikan service free cancel untuk pembatalan 2 hari sebelum kedatangan. Ohya, ada wisa indonesia juga di UK. info lebih lanjut silahkan klik di sini : http://www.indonesianembassy.org.uk/education/education_wisma.html
9. Bank statements atau Bank books dan Balance certicicate . Nah yang ini PENTING nih ! 
Pastikan saldo kalian cukup meyakinkan untuk liburan ke UK. 
Tips : kalau lagi ga ada uang, kalian bisa tuh pinjem pinjem temen dan mintak responsable bank kalian bikinin attestation bancaire dan balance bank kalian (rekening koran selama 6 bulan terakhir). Pastikan dulu semua uang masuk baru mintak bikinin attestation dan balance kalian. Ga perlu sampai 1000 € an asal cukup meyakinkan untuk beberapa hari kalian di sana. 
Tips : Sertakan juga copy bulletin paie dan saldo bank Indo. Jika kalian pernah stage atau kerja yang ada gajinya, bisa di sertakan juga bulletin paie kalian dan kalau kalian biasanya dikirim dana via bank indo dan bank itu atas nama kalian, sertakan juga print saldo terakhir kalian. Walaupun nominalnya pake rupian, bodo amat kalian lampirin aja hahha :p 
Ex: Kalau kalian pengguna bank mandiri dan rekening kalian terhubung di mandiri internet banking, kalian bisa print out balace kalian terakhir. semakin banyak pemasukan dan uang anda, semakin besar kemungkinan kalian visa nya di approve :D 
   Et voilà semua document selesai ! semua dalam bentuk copy, pastikan lagi tidak ada yang lupa, dan harus cek lagi document yang di minta sesuai guide yang terbaru. siapa tau ada berubahan di tahun ini :D 

6.  Di hari RDV jangan lupa bawa semua document + pasport asli dan semua data asli nya (ex: akte kelahiran, bulletin paie, dll)

7. Berdoalah dengan Tuhan Yang Maha Esa selagi document kita di proses :)) dan jangan lupa tetap ber amal !

Semua proses apply visa UK selesai :) kalian akan di beri tahu melalu email atau sms (sesuai pilihan) ketika Visa kalian sudah keluar. Jika kalian sudah memastikan tidak ada satu document pun yang terlupa, percayalah Visa UK akan menempel indah di halaman pasport kalian :) 

Semoga bisa sedikit membantu, maaf jika susunan katanya belum rapi :D 
Selamat mencoba :)




5 komentar:

  1. kakak mau tanya..tolong dijawab ya...
    1. klo daftar kuliah diperancis untuk s1, yang dilihat nilai ujian nasional saja apa sama nilai rapor?
    2. klo kita udah B2 dan surat motivasinya bagus, tapi nilai rapornya hanya sedikit diatas kkm tetap diterima gak?
    3. dokumen apa saja yang dikirim untuk DAP?

    tolong dijawab ya kak, soalnya aku sekarang baru kursus intesive di ifi jogja, dan klo bisa besok januari 2015 mau daftar jalur DAP
    Merci...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijin ya kak idah bantu jawab,

      1. ga ada minimal nilai, nanti pas daftar kuliah di webnya disuruh masukin nilai (kalo s1 di webnya cuma minta masukin nilai UN aja)
      (kalo postbac / D3 diminta nilai pertahap dari kelas 1 sma)

      2. Banyak" berdoa sama tuhan biar diterima. saya pernah dengar di beberapa kasus nilai tidak terlalu menentukan, yang terpenting lulus B2 & surat motivasi bagus tapi mungkin tergantung hoki

      3. kalo saya tidak salah kemarin saya upload untuk dap (passport, attestation bahasa, ijasah bahasa indo & terjemahan, akte indo & terjemahan, cv)

      motletnya diketik di kolom yang disediakan

      Hapus
  2. wah makasih ya helga udah bantu jawab :D
    maaf ya muhammad ramadhan baru bisa baca comment kamu, itu pertanyaannya udah di jawab sama helga dengan baik kok :)
    selamat mencoba !

    BalasHapus
  3. Akte kelahiran translate, di translate ke bahasa inggris? Harus secara resmi atau nggak? Apa itu bener2 compulsory?

    BalasHapus
  4. Halo,
    Kebetulan kita punya pengalaman yang sama nih. Minta ijin blog ini saya jadikan referensi lain di tulisan saya ya:

    https://rsatriothoughtsandexperiences.wordpress.com/2016/07/09/pembuatan-visa-uk/

    BalasHapus